Pengalaman Operasi Ptosis (Kelopak Mata Turun)


Sedikit Curhat
            Pernahkah kamu dijejali pertanyaan seperti “Kamu lagi sakit ya? Kurang enak badan?” atau “Kurang tidur ya semalam? Habis Begadang?”. Well, saya sering sekali mendapat pertanyaan semacam itu. Yang bisa saya ingat, mulai dari SMP orang-orang mulai mengomentari mata saya yang terlihat sayu. Bukan hanya teman atau guru di sekolah, bahkan tukang siomay yang berjualan di depan SMP pun pernah melayangkan komentar yang sama. Pernah suatu kali saat saya sedang berjalan kaki dan berpapasan dengan orang yang sedang bersepeda, dia melihat saya dan berkata “Ngantuk ya?”, tidak hanya sekali, tapi beberapa kali. Awalnya, saya cuek saja dan tidak peduli, tapi lama kelamaan saya merasa risih juga. Apalagi saat saya mulai menyadari bahwa memang ada yang salah dengan kelopak mata saya.
            Saya membandingkan foto diri dari jaman balita, dengan foto jaman SD, SMP dan SMA. Dari foto-foto itu terlihat jelas perubahan pada kelopak mata saya yang semakin turun dari waktu ke waktu. Bahkan saat kuliah semester awal pun saya harus menaikkan kedua alis mata untuk bisa melihat dengan baik. Karena jika tidak, kelopak mata saya tidak cukup kuat untuk membuka secara sempurna, derajat turunnya sudah semakin bertambah. Merasa khawatir dan tidak percaya diri, saya pun mulai mempertimbangkan untuk operasi. Tapi saat itu mama saya belum menyetujuinya karena takut. Akhirnya, saya menghabiskan banyak waktu mencari tahu sebanyak-banyaknya tentang operasi kelopak mata ini di internet. Barulah saya tahu kalau kondisi kelopak mata turun yang saya alami ini disebut ‘ptosis’.


Menemukan Website yang Sangat Membantu
            Sayangnya tidak cukup banyak informasi tentang pengalaman operasi ptosis di Indonesia yang saya temui di internet. Jadi saya tidak bisa mendapatkan rekomendasi dokter atau rumah sakit tertentu. Sampai akhirnya saya menemukan website http://www.realself.com/. Website ini khusus menyediakan informasi tentang operasi-operasi kosmetik, dan hebatnya kita bisa langsung bertanya pada dokter-doter ahli yang bersangkutan dengan menulis di kolom Ask Doctor. Karena website ini berbasis di Amerika, maka harus menggunakan Bahasa Inggris. Saya beberapa kali berkonslutasi dengan dokter via online ini, tentang langkah apa yang harus saya ambil. Hampir semua dokter yang menjawab menjelaskan dengan rinci, jenis ptosis apa yang saya alami dan tindakan operasi apa yang tepat. Semua hal yang saya ingin ketahui tentang ptosis dijawab dengan baik. Saya juga memasukkan foto mata saya sebagai referensi mereka.
            Dari situlah saya tahu kalau saya mempunyai bilateral upper eyelid ptosis dan membutuhkan operasi dari seorang okuloplasti atau opthamologist yang berpengalaman. Ptosis disebabkan karena lemahnya otot yang berfungsi untuk membuka kelopak mata, bisa juga disebabkan trauma, faktor usia atau alasan medis lain. Dan, jika tidak dikoreksi, maka kelopak mata ptosis akan terus menurun seiring waktu.


Ke Jakarta Eye Center
            Berbekal informasi-informasi tersebut (dan setelah meyakinkan mama untuk mengizinkan saya operasi), saya menuju ke Jakarta Eye Center yang berlokasi di Menteng. Di sana, ada sekitar 3 dokter bedah okuloplasti, saya bingung sekali pilih dokter yang mana, akhirnya setelah tanya sana sini dan googling berhari-hari. Saya memilih Dr. Hernawita Suharko, SpM. Pertemuan pertama, dokter Hernawita mengajukan beberapa pertanyaan terkait kelopak mata saya, yang dilanjutkan dengan pengukuran kelopak mata menggunakan penggaris. Dokter ingin memeriksa seberapa ‘jatuh’ kelopak mata saya dari normalnya. Dokter menjelaskan bahwa ptosis memang bisa dikoreksi melalui operasi, tapi beliau agak khawatir kalau bukan otot lemah yang menyebabkan ptosis saya ini, tetapi ada masalah pada saraf mata. Beliau takut, jika penyebabnya adalah saraf mata, maka jika dilakukan operasi pun tidak akan berdampak signifikan.


Dirujuk Ke RS Mata AINI
            Akhirnya beliau merujuk saya dulu pada Prof. Dr. Isak Salim di RS Mata Aini, yang merupakan ahli syaraf. Nantinya beliaulah yang akan memeriksa dan menentukan apakah saya boleh operasi ptosis atau tidak. Saat bertemu dokter Isak, beliau memberi saya obat kapsul yang berfungsi untuk menguatkan saraf. Saya harus menghabiskan obat itu dan kembali lagi untuk diperiksa. Sekitar 2 minggu kemudian, saya bertemu dokter Isak lagi. Beliau bertanya apakah obat itu berpengaruh pada kelopak mata saya? Yang saya jawab tidak, memang tidak ada perubahan yang berarti pada kelopak mata saya, masih sama, masih turun. Dokter pun terlihat berpikir sesaat sebelum beliau menulis surat rujukan (lagi) untuk melakukan pemeriksaan saraf (neurologi) untuk mengetahui apakah saraf saya berfungsi dengan baik, atau ada kelainan tertentu. Di sini saya cukup kaget, saya pikir saya hanya perlu datang ke JEC, diperiksa, dan menjadwalkan operasi. Tapi ternyata ada prosedur lain yang harus saya lakukan, saya cukup deg-degan juga, bagaimana kalau saraf saya ada yang salah..


Pemeriksaan Saraf di RS Abdi Waluyo
            R.S Abdi Waluyo di Menteng adalah RS yang saya datangi untuk melakukan pemeriksaan saraf (neurologi). Biaya untuk melakukan pemeriksaan ini ternyata cukup mahal, mencapai 2 juta Rupiah. Dalam pemeriksaan itu saya disuruh tiduran dan di beberapa bagian tubuh, seperti leher, pipi, dan lengan ditempeli semacam tali yang akan menyentrum. Sentrumannya tidak sakit, hanya bikin kaget. Dari sentruman itu nanti bisa dilihat fungsi saraf saya. Hasil pemeriksaan langsung keluar sekitar setengah jam kemudian. Dan hasilnya menunjukkan 90% saraf saya berfungsi dengan normal dan 10% nya lagi terdapat myasthenia gravis okular (kelemahan tersembunyi dan membahayakan yang dapat terjadi pada satu atau kedua kelopak mata atau otot bola mata). Hasil pemeriksaan berupa buku itulah yang saya bawa ke dokter Hernawita yang akan mengoperasi saya.

Penjadwalan Operasi
Akhirnya setelah mempertimbangkan, dokter Hernawita memutuskan untuk segera menjadwalkan operasi, yang jatuh pada tanggal 11 Juli 2014. Tentunya dokter memeriksa ulang, dengan mengukur-ukur kelopak mata saya berulang kali agar dipotong pas dan simetris. Ada formulir yang harus diisi terlebih dulu, berupa persetujuan tindakan. Dan dilakukan pemeriksaan tensi dan juga tes darah untuk mengetahui, apakah saya aman untuk dioperasi. Sehari sebelum operasi saya juga dianjurkan untuk puasa.

The Day!
Operasi dilakukan sekitar jam 4 sore. Saya langsung menuju lantai 5 yang memang khusus ruang operasi. Sampai di sana, saya mesti registrasi ulang dan melakukan pembayaran. Biaya operasi ptosis dua mata ini totalnya Rp 17,000,000. Sudah termasuk biaya anastesi sebesar Rp1,000,000. Begitu selesai dengan administrasi, saya langsung diantar ke dalam ruangan dan berganti pakaian. Satu set baju operasi lengkap dengan topinya yang matching warna pink. Saya juga diberi gelang untuk tanda pengenal. Setelah itu saya duduk di kursi (semacam kursi pijat) dan diberi tetes mata, lalu kelopak mata saya dilap dengan alkohol. Sambil menunggu saya melihat sekeliling, cukup banyak pasien operasi hari itu yang rata-rata adalah kakek-nenek yang hendak operasi katarak. Tak lama, dokter datang dan mengambil gambar mata saya, kami berbincang sebentar sebelum akhirnya masuk ke kamar operasi.
Di dalam kamar operasi, sudah ada beberapa suster yang menyiapkan segala sesuatunya. Saya segera berbaring di meja operasi dan diberi oksigen lewat hidung. Jari tengah saya dijepit oleh sesuatu (lupa namanya). Sebelum operasi dimulai, kami berdoa terlebih dulu. Setelah dilap dengan alkohol di dahi dan kelopak mata, dokter mulai dengan menyuntikkan obat bius ke kelopak mata saya yang kanan. Saya dibius lokal, jadi tetap sadar selama operasi. Dan, SUNTIKKAN OBAT BIUSNYA ITU SAKIT BANGET!!! Itu bagian yang paling menyakitkan dari keseluruhan operasi L Setelah dirasa kebal, dokter mulai menyayat kelopak mata. Saya bisa merasakan pisau itu menyayat kelopak mata, tapi tidak terasa sakit. It just felt.. funny! Lalu dokter mulai memotong kelopak mata yang berlebih lalu menguatkan ototnya dan menjahitnya (I guess?). Tugas saya selama operasi hanya membuka dan menutup mata sesuai arahan dokter. Satu jam untuk mata kanan dan satu jam untuk mata kiri.
 Selama operasi berlangsung, saya terus mengucapkan doa karena takut kenapa-napa. Tapi untungnya operasi berjalan lancar. Dan saya keluar dengan kedua kelopak mata diperban dan bengkak banget! Awalnya sih tidak terasa sakit, tapi pas obat biusnya habis.. wah, langsung mulai terasa perih banget di kelopak mata! Rasa perih itu terus berlangsung sampai keesokan harinya. Sebelum pulang, dokter berpesan kedua mata belum boleh kena air selama dua minggu dan harus pakai penutup mata khusus saat tidur. Gunanya biar nggak sengaja kekucek saat tidur. Dokter juga memberi salep yang pada akhirnya menimbulkan bentol-bentol karena tidak cocok.

Recovery Period
Selama dua minggu pertama sejak selesai operasi, saya merasa sangat tersiksa. Sulit untuk menggambarkan bagaimana rasanya, yang pasti sangat tidak enak dan tidak nyaman. Saat perban masih menempel di mata, pandangan saya terbatas sekali, tidak bisa melihat ke atas. Jadi kebanyakan melihat ke bawah saja. Perban sudah bisa dibuka di hari ke-4. Saat dibuka, mata sudah tidak terasa berat, tapi masih tidak nyaman karena masih ada jahitan. Selama itu saya pakai obat tetes, obat penghilang bengkak (minum) dan salep yang dioleskan 3x sehari di kelopak yang dijahit. Saya harus ekstra hati-hati saat mengoles salep menggunakan cotton bud, karena takut mengganggu letak jahitan. Rutinitas saya setiap hari selama 4 minggu sangat monoton. Bangun pagi, bersihkan mata, mandi, makan, minum obat, lalu tidur. Tidak boleh terlalu banyak baca dan nonton tv. Jadi saya lebih memilih untuk mendengarkan musik di kasur.

Di minggu ke-4, jahitan sudah boleh dibuka. Begitu jahitan dilepas, sudah terbentuk lipatan di kedua mata. Dan saya tidak perlu menaikkan alis lagi untuk melihat. Emang agak berasa aneh pada awalnya, karena otot kelopak mata saya sudah bisa berfungsi dengan baik, tapi yang pasti senang banget karena hasilnya memuaskan! Di mata sebelah kiri saya terdapat sedikit keloid, karena saya memang ada bakat keloid. Jadi dokter memberi dermaderm untuk menghilangkannya. Butuh waktu maksimal 6 bulan agar kedua mata benar-benar sembuh total. Memang butuh kesabaran menunggu bengkaknya hilang.



Mata saya sebelum operasi 


Sehari pasca operasi, diperban



Setelah lepas perban, mata masih dijahit


Setelah lepas jahitan. Mata masih bengkak dan hitam bekas luka


Sebulan setelah operasi, sudah ada lipatan Tapi mata kiri masih bengkak


Sekarang, sudah 9 bulan sejak operasi saya tidak melihat tanda-tanda adanya penurunan kelopak mata lagi seperti yang saya kuatirkan (dan semoga memang tidak terjadi). Tapi sayangnya kedua mata saya terlihat agak tidak simetris. Yang kanan sudah normal, tapi yang kiri seperti ada lemak atau kulit lebih atau semacam keloid yang sulit hilang yang membuat kelopak tidak bisa melipat sempurna. Tapi kata dokter, otot yang dipotong sudah maksimal dan asimetrisnya hanya beda 1mm aja. Saya berfikir untuk operasi ulang mata kiri, untuk menghilangkan kulit lebihnya itu. Tapi ketika memikirkan betapa sakitnya dibius, keinginan itu jadi sirna. Akhirnya yasudah, saya biarkan aja begini sampai sekarang. Tapi overall, saya merasa puas dengan hasil operasi ptosis (levator resesi) ini.


Buat kalian yang mungkin berencana operasi ptosis atau mau sharing  dan tanya-tanya, bisa tinggalkan komentar atau tanya aja di email atau twitter saya. 




119 komentar:

  1. Mba, saya mau tanya. Mba kan operasi nya dua mata ya, kalo oprasi nya cuma 1 mata biaya nya berapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, saya operasi dua mata sekitar 17 jt (1jt utk anastesi), kalo satu mata kira-kira 8-9 jt tergantung di rumah sakit mana :)

      Hapus
    2. Aku boleh minta kontak nya gak mba? Apa aja deh, biar lebih enak aja drpd disini. Buat tanya2 gitu hehe :D

      Hapus
    3. Boleh, kirim email aja ya ke ikabudiartidstn@gmail.com :)

      Hapus
  2. Mbak boleh minta kontaknya buat tanya", saya butuh ini mbak seprtinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh, di email aja ya ke ikabudiartidstn@gmail.com

      Hapus
  3. itu pas dibius disuntik bagian mana?

    BalasHapus
  4. Mba cara ngomong meyakinkan orang tua nya gimana ya? Soalnya sodara saya kelopak mata kirinya turun gtu, dia pengen operasi tapi takut gadibolehin sama ortunya. Oh iya mba operasinya pas umur brp?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo! Sebelumnya udh pernah dibicarain blm dgn ortunya? Kalo blm,sebaiknya bicarakan dulu, siapa tahu boleh. Kl trnyt gaboleh, cari tahu alasannya knp. Trs ceritain kesulitan sodara km karena ptosis itu. Mis sulit melihat dll. Aku waktu itu operasi pas umur 17th.

      Hapus
  5. Terima kasih tulisannya Mbak, saya juga punya ptosis mata kiri saja. Rasa tidak PD muncul, tapi gak punya keberanian, dan mindeeer terus. Semoga saya berani ke RS ini dan melakukan koreksi mata.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah membaca! :) Huah, iya saya ngerti banget rasanya kayak apa hehe. Kamu jg bisa dapatkan kepercayaan diri km lagi, gausah takut operasinya. Pikirkan aja keuntungan yg bakal km dapet nantinya, sakitnya sebentar manfaatnya seumur hidup. Good luck!

      Hapus
    2. Haii mbak Ika, saya udah operasi kemaren sore :) akhirnyaaa bengkak hari ini, runtutan prosesnya sama yg ditulis. padahal aku cuma sebelah kiri, lumayan sekitar 80 menit total di dalam ruang operasi. Lega juga akhirnya sekian lama cuma mendem dalam hati, makasih yaaaah... iseng2 dari blog ini saya memberanikan diri berangkat ke dokter tsb.

      Hapus
    3. Hai hai! Sorry banget ya baru bisa bales :( Waah kamu hebat! Hehehehe. Iya, aku juga senang bisa bagi pengalaman, ga nyangka bisa dorong seseorang buat ngelakuin ini juga. Aku doain semoga proses penyembuhanya berjalan lancar yaa. Ohya, gimana keadaan kamu sekarang? :)

      Hapus
    4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    5. Mbak/mas anonim. Saya mau tanya. Brp biaya operasi ptosis utk satu mata saja?
      Mohon infonya ya. Krn saya blm lama ini terkena ptosis tp saya takut utk biayanya )':. Mohon bantuannya dg sangat. Terimakasih

      Hapus
    6. Haii, mbak Ika.. saya sudah sembuh sekarang.. sudah normal dan luka bekas jahitan udah gak terlihat lagi.. alhamdulilah sudah mirip dengan mata sebelah kanan. Untuk pertanyaan diatas, berapa biayanya, karena pakai biaya sendiri : 9 juta (operasi 1 mata) + 1 juta (untuk bius lokal), ada biaya tambahan lagi karena saya harus CT Scan mata di abdi waluyo.
      Mudah2an kalao sebelum operasi, ada asuransinya kayak mbak ika... Dokternya sangat berpengalama, banyak banget pasiennya yg mengalami ptosis juga.. soalnya diliatin hasil2 pasien2 sebelumnya.

      Hapus
    7. mbk/mas anonim ada kontak person bbm atau line atau whatsapp mau nanya'' soal operasi 1 mata kiri aja

      Hapus
  6. Mbak, anak saya (11 bulan) dari bayi matanya sipit sebelah. Yang kemudian saya googling dan meyakini kalau dia congenital ptosis. Kira2 saya perlu memeriksakan segera atau tidak ya?karena dia masih bayi, dana kalau saya baca postingan diatas kok kayanya kasihan..bayi udah dioprasi. Btw, bisa pakai bpjs ga ya oprasi ptosis? Thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbk gimana kondisi anaknya, anak saya jgbmengalami ptosis,apa anaknya mbk sudah divrekonstruksi matanya?, bagi pengalamannya dong mbk

      Hapus
  7. Halo, kalau saran saya bawa aja ke dokter mata anak, terus coba dengarkan apa saran dari dokter. Iya, kalau masih 11 bulan mendingan jangan operasi dulu kali ya, tunggu beberapa tahun lagi aja. Kalo bpjs kurang tahu ya mbak hehe, kalau saya kemaren pakai asuransi In-Health. Coba ditanya ke RS nya aja ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbk anak saya jg mengalami yg sama, ptosis kongenital, bagi pengalamanya donk mbk, kalau sudah direkonstruksi matanya

      Hapus
  8. Emang kalo ga di operasi semakin menurun ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, dokter nya bilang ada tendensi untuk semakin menurun

      Hapus
    2. Yup bener Mbak Ika, saya juga mengalami ptosis mungkin dari kecil (bawaan lahir), pas liat foto dari kecil tidak terlihat banget.. tapi setelah kuliah mulai terlihat sekali, dan kecenderungan semakin lemah ototnya nambah usia

      Hapus
    3. Mba anonim operasinya di RSxmana yah?

      Hapus
  9. berapa lama.butuh waktu bisa matanya tutup ketika tidur

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau aku sih 4 hari sampai seminggu kemudian udah bisa tutup sempurna

      Hapus
  10. Hi mba, mau tanya dong, saya juga sdh pernah operasi ptosis 1 mata aja, tapi kalo sya congenital ptosis, sdh 1 thn dan hasil nya alhamdulillah bagus, sya operasi bedah plastik di rspad, yg mau saya tanyakan apakah mba saat menutup mata, kelopak matanya itu sedikit terbuka gak( ada celah ) ?? Krna pasca operasi kok mata saya saat nutup kelopaknya gak bisa rapat, mohon di jawab mba terima kasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, kalau aku selama 4 mingguan setelah operasi pas nutu mata emang berasa kayak ada celahnya di kelopak. Tapi lama kelamaan hilang sendiri, kok. Apa kamu masih ada celah saat menutup mata sampai sekarang pun? Mengganggu tidak?

      Hapus
    2. my thing's my life's, mbk boleh minta kontaknya gak? mau tanya2 tentang yang operasi satu mata

      Hapus
  11. mbak :3 , saya takut denger cerita mbak, mata saya ptosis sebelah kanan....
    pas baca kelopak matanya di potong2 trus kerasa... itu yg bikin sy takut and pas biusnya abis :v
    oh my god ... semoga saya bisa oprasi (memberanikan diri)

    BalasHapus
  12. mbak aku mau tanya dong, apakah bisa menggunakan bpjs ya ?untuk operasi ptosis mata

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf, saya kurang tau kalau bpjs. Bisa ditanya langsung ke rumah sakit yg bersangkutan ya:)

      Hapus
  13. waah serem jg yahh , saya jg kena ptosis kiri kanan bawaan lahir / keturunan , kisah mba nya suka di blg ngantuk dll sama banget deh wkwkwkw , pengen juga oprasi tapi di liat foto2 mba nya , rasanya nyeremin gituu wkwkkwkw , smogaa nanti bisa memberanikan diri buat oprasi

    BalasHapus
  14. My thinks my life , waktu dioperasi pakai dokter siapa ya? Mohon bantuannya krn sy mengalami ptosis mata sebelah kiri,mbak ika tks banyak atas info nya hp 082110065625 ,mohon balasannya krn sy pengin operasi, mbak my thing tlg no hp nya sy ingin banyak tanya, tks ditunggu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, bisa langsung tanya ke email saya ya di ikabudiartidstn@gmail.com

      Hapus
  15. iya, curhatannya sama kok. Saya dari kecil sudah punya ptosis di mata kanan. Sampai sekarang udah 19 tahun tapi belum operasi. sering banget ditanya. dek, Kamu sakit ya? ngantuk ya?
    tapi saya masih takut buat operasi, juga belum bilang ke orang tua. baca ceritanya agak serem juga :" uhuhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alya desyanti, mataku jg sipit sebelah kanan, dan baru skrng tau kalo itu penyakit ptosis, yg ortu ku tauini bawaan lahir. Aku sering di jd omongan, pngen bngt oprasi tpi takut hahha

      Hapus
  16. Hallo mba.. makasih sblmnya udah share pengalamanya.
    Sedikit pertanyaan, apakah setelah operasi ptosis apakah akan kembali menurun kelopak mata nya ??
    Apakah kalo karena bagian syaraf otot pada mata yang ga berfungsi dengan baik apakah bisa di obati tanpa harus operasi ? Seperti mba bilang diatas dikasih obat kapsul penguat syaraf.!!
    Mohon dijawab :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seharusnya tidak ya. Kalau misalnya turun berarti ada masalah pada syaraf mata. Dan harus periksa dulu sebelum operasi apa penyebab ptosis. Makanya aku sebelum operasi cek syaraf dulu, ternyata syarafku 90% normal sehingga bisa operasi ptosis dan A'hamdulillah sampai sekarang kelopaknya tidak turun

      Untuk syaraf yg bermasalah bisa dicoba dengan obat kapsul dari dokter mata. tetapi hasil akhirnya tergantung respon masing-masing orang terhadap obat itu. Kalau saya sih tidak mempan.

      Hapus
  17. Saya juga mengalami ptosis sebelah kiri, dan turun nya lumayan jauh dari mata kanan, mata kiri Saya turun tp alis kirinya naik sebelah, jd sangat terlihat sekali. Selama ini Saya memanipulasi dengan eyeliner dan ditutupin pake poni.. pertanyaan nya. Adakah rekomendasi tempat lain yg lbih murah dr harga 9jt ini. Trmksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmm untuk rekomendasi tempat yang lebih murah coba cek ke Rumah Sakit Mata Aini ya

      Hapus
  18. Saya juga mengalami ptosis sebelah kiri, dan turun nya lumayan jauh dari mata kanan, mata kiri Saya turun tp alis kirinya naik sebelah, jd sangat terlihat sekali. Selama ini Saya memanipulasi dengan eyeliner dan ditutupin pake poni.. pertanyaan nya. Adakah rekomendasi tempat lain yg lbih murah dr harga 9jt ini. Trmksh

    BalasHapus
  19. Mba..
    Macam2 ptosis itu apa aja ya?
    Apa ada tingkatannya? Dan apa semua yg posisi kelopak matanya turun harus di operasi?
    Mohon infonya. Tks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yap ada macam-maca ptosis bisa dicoba ggogling sendiri ya hehe soalnya saya tidak hafal. Posisi yang harus dioperasi hanya posisi yang sekiranya sudah mengganggu fungsi mata untukk melihat. Atau membuat kamu tidak nyaman dalam melihat

      Hapus
  20. halo mba, sembuh totalnya brp lama sampai melipat sempurna?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, sudah bisa melipat sempurna dalam 4 minggu. Sembuh total 3 bulan

      Hapus
    2. oiya mba, saya klo malem tidur, paginya bengkak lg, tpi stelah beraktivitas bengkaknya kempesan dikit, saya sudah 1 bulan 3 minggu, apakah mba mengalami juga?

      Hapus
  21. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  22. mbak, blog nya sangat membantu sekali, saya jadi dapat info tambahan dari pengalaman2nya, Indonesia butuh blog2 spt ini utk mengincourage satu dgn yg lain dlm kebersamaaan. smoga ayah saya juga bisa dapat bantuan dari BPJS segera utk ptosisnya. Thanks all, GBU

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, terima kasih sudah baca blog saya :) Good luck untuk operasinya semoga berjalan lancar dan dimudahkan :)

      Hapus
    2. Hallo mba dessy , apa dengan BPJS kita bisa operasi ptosis ?

      Hapus
    3. Hallo mba dessy , apa dengan BPJS kita bisa operasi ptosis ?

      Hapus
  23. jaga kesehatan mata deh, kalo udah sakit biayanya mahal..

    BalasHapus
  24. Mba, mau nanya nih. saya jg mengalami mata sebelah kanan saya menurun bawaan dari lahir. dan bola mata sebelah kanan saya lebih menonjol dibanding mata sebelah kiri saya yang normal. Apakah yg mengalami ptosis memang memiliki mata lebih menonjol ya mbak? dan apa setelah di operasi nanti bola matanya masi menonjol atau tidak mbak? mohon dijawab ya mbak, terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mba.. Sy bola mata kiri lebih nonjol dan memenuhi kelopak mata, tp klo yg kanan bola mata tdk menonjol tp klo say ada sebabnya.. Yg tdk menonjol krn sdh buta (ablasio retina) jd tuh nola mata ky mengecil, awalnya 22 ny bola mata menonjol krn memang silinder (ciri bola mata menonjol krn silinder) yg sy rasakan setelah mata kanan sy sdh gelap tdk bs lihat selain bola mata terasa mengecil tdk memenuhi kelopak juga kelopak mata menjadi cekung, sdg yg sebelah tdk, jd kliatan bgt berbeda.. Kondisi bgini msh bs di oprasi ga y? Sy sdh iklhas sblh tdk bs melihat tp klo bs tdk smpe kliatan berbeda dg mata yg sebelahnya..

      Hapus
  25. mbak, sdr sy umur 60 thn, kelopak mata keduanya turun menutup bola mata, dan setelah periksa dokter syarat disarankan operasi syaraf di otak yang menempel. mhn info apa ada yg pernah mengalami opr tsb dan bgm hasilnya.

    dan apa bisa dengani operasi kelopak mata di JEC.

    BalasHapus
  26. kak, mata aku kok bengkak gitu??? mata ku minus 7
    bengkaknya sebelah kiri aja agak risih sih soalnya kayak mau keluar

    BalasHapus
  27. Mb ika maaf saya mau tanya itu dulu mb ika kan pke asuransi inhealth y ?? Brti ptosis bisa dicover?? Trus klo misalny bru bkin kira2 bisa lgag dpkai atau tidak??

    BalasHapus
  28. Desty
    saya sudah mengirim email tp tidak dbls,

    BalasHapus
  29. Mba,saya bole minta email mba??saya mau banyak nanya.jujur mba,saya sudah 20 tahun kena psitosis,...saya gak tau gejalanya pokoknya sgala nya tentang psitosis saya gk tau mba!!!!saya frustasi lihat mata saya ini.nangis terus saya,banyak banget yg ngebully,orang juga banyak menjauh.mba saya mau tanya juga apa nama obat yg berfungsi menguatkan syarafnya?trus alamat lengkap rumah sakit yg mengopeasi mata mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya tau perasaanya mba , saya juga pernah dan masih mengalami hal itu , jadi bahan ejekan dll , sehingga bikin saya ampe detik ini ga percaya diri .. yg sabar ya mba :(

      Hapus
    2. iya mas saya juga gak pede ampe sekarang :(

      Hapus
    3. saran kak, coba tutupi pakai kacamata, dan tutup dengan poni, selama ini sya begitu. pngen operasi tapi takut ada efek sampingnya

      Hapus
  30. Operasinya di rumah sakit mana ya? Kyknya ngga di jelasin di atas

    BalasHapus
  31. Mba saya Agni dari Garut saya juga sepertinya mengalami ptosis. Pas liat blog2 tentang ptosis saya langsung nangis karena yg pertama pandangan saya sebelah kanan kabur dan terlihat lebih sipit. Dan saya orangnya penakut banget kak. Bisa ga yah kalo operasinya kita bnr2 ga sadar aja aku takut bgt ka, pas liat biayanya juga aku bingung aku karena aku cuma mahasiswa semester 1 aku juga belum bilang ke ortu aku takut bebanin mereka

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya embak aku pun begtu, untuk harga biaya nya lumayan mahal :(

      Hapus
    2. Hai Agni, setahu aku gabisa kalau operasinya ga sadar sama sekali. Tetap harus bangun karena dokter perlu komunikasi dgn kita utk menutup dan membuka kelopak mata selama operasi.

      Hapus
  32. Assalamualaikum mbak nanti inbox lewat email ya mbak mau tanya tanya

    BalasHapus
  33. hay mba.. saya ptosis jga. mata kanan saya turun. pernah konsultasi ke dokter. tapi saya takut dengan efek samping setelah operasi. kira-kira apa saja efek sampingnya setelah operasi. apakah benag kelopak mata tidak bisa menutup secara sempurna lagi?

    BalasHapus
  34. ka mau tanya dong, sebelum di operasi mata kakak kaya ngeganjel gitu ga ?

    BalasHapus
  35. hai kak, saya sudah email, mohon bantuannya ya kak. terima kasih

    BalasHapus
  36. banyak juga ya yg ptosisi umur saya udh 26 tahun.saya baru tau skrg klo saya sakit ptosis...gara2 sakit ini saya terrkenal dikampung dibully teman sekolah sd smp sma..sungguh menyedihkan...mau operasi bingung klo ternyata penyembuhannya lama,,karna saya skrg sudah bekerja dan mau menikah

    BalasHapus
  37. total biaya yg mba habiskan selain dr biaya operasi berapa mbak?

    BalasHapus
  38. Maaf mau tanya, setelah operasi ada efek mata sedikit terbuka ketika tidur ga ya?
    Makasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasti mbak...efek ny pasti seperti itu...mbak sdh operasi kah?

      Hapus
  39. Bole minta kontak..bagi yg sdh berhsil melakukan operasi ptosis ny?sy smpt operasi tp hsl ny kurang memuaskan

    BalasHapus
  40. Assalamualaikum sista, Blog yang sangat bermanfaat.
    Saya wanita 22 tahun yang mengidap ptosis, mata kiri saya kelopak matanya turun.
    Karena dasarnya mata saya agak sipit jadi kalau senyum jadi merem semua..hehe
    Dari sd sampai smp dulu saya sering dibully karena dianggap berbeda, dan jujur saja itu membuat mental sy down.
    Tiap jalan pulang sekolah, papasan sm orang asing selalu ditanyain "Dek, kalau malem jangan tidur larut", "Dek, melek" atau adik" kecil yang dengan polosnya selalu bilang "Mba, matanya yang satu mbok ya dibuka" uhh 💔💔
    Awal sma Alhamdulillah saya dipertemukan dengan orang" baik yang tidak mempermasalahkan fisik dalam berteman dan itu secara tidak langsung memberi saya kekuatan untuk mampu menatap orang lain saat mengobrol, dulu sih boro" :")))
    Cuma semakin kesini kondisi mata kiri saya makin memburuk, mulai dari setiap ngeliat alisnya harus dinaikin, trus nyoba baca pakai mata kiri jarak pandang yg jelas cuma sekitar 20 senti, dan parahnya ketika saya melemaskan otot" di wajah, mata kiri saya menutup sempurna. Bener" nutup.
    Awalnya ragu" buat konsultasi di rumah sakit, takut gitu.
    Tapi setelah ngeliat blog ini, paling ngga udah ada gambaran apa yg harus dilakuin.
    Takut sih masih :"))) apalagi nanti kalau dibius itu..
    Tapi makasih ya mba, blognya inspiratif...Ini mau ngumpulin dana dulu buat operasi hehe
    In Syaa Allah tahun depan mau beraniin buat operasi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga ngalamin persis kyk yg mbak alamin. Minder bgt, gk pede klo ngomong natap org.. Rencana mau oprasi tapi saya ada ketakutan berlebihan klo ngelihat jarum sama pisau. Apalagi proses pnyembuhannya berbulan bulan. Rumah sakit mata yg aman untuk oprasi ptosis kira" dmn ya?

      Hapus
    2. di JEC aja mbak, aku minggu kmarin baru aja operasi disitu, kualitas dr nya bagus, berpengalaman bgt, alat nya modern, udh terjamin lah kualitas nya bukan rs sembarang gtu ����

      Hapus
    3. Di JEC biayanya brapa ? Trus bengkaknya kira" berapa lama gk mbak?

      Hapus
    4. Anonim@ bole minta kontak Wa ato fb nya mbak???sy mo tnya2...soalny sy jg lg nyari rs yg bgs buat operasi ptosis ny...tq

      Hapus
    5. Hi, terima kasih sudah baca blog saya! :) Semangat terus ya, mudah-mudahan operasi nya berjalan lancar. Pasti berani kok!

      Hapus
    6. ka ika alamat rumah sakitnya dimna ya?? anak sya umur 4bulan ptosis mata sblh kanan kasian sya lihatnya, takut udh gede di buly boleh mnta wa nya??

      Hapus
  41. Permisi mbak ika. .Saya mau nanya. .saya kan ptosis di mata kanan saja dan itu sudah sejak lahir. .Kalo mbak ika ptosisnya dari lahir atau ga ya? Saya coba cek ke jec katanya bs d benerin tp kalo saya lihat ke bawah tetap bakal ketahan kelopaknya dan bagian skleranya jd lebih keliatan nonjol d banding mata saya yg normal. .kalo mbak ika kalo ngeliat ke bawah ada kendala ga ya?

    BalasHapus
  42. Saya juga ptosis mata kiri dari lahir. Dan saya baru tau kalo ini ptosis. Baru2 ini saya pasang benang utk buat lipatan mata tapi ternyata gagal. Karna katanya otot mata saya lemah. Padahal saya sdh keluar biaya 8jt. Tolong rekomendasinya utk operasi ptosis yg sdh berhasil. Saya minta kontak nya donk.. terima kasih

    BalasHapus
  43. Hai mb... sedikit cerita.. sy juga memiliki ptosis sejak saya lahir.. ptosis hanya mata kiri saya. dulu waktu usia saya 15th sy pernah operasi di jogja di RS YAP tapi tidak ada hasil.. mata saya masih sama ptosis.. sekarang usia sy 25thn dan 3 bulan lalu sy kembali melakukan operasi levator resection di RS JEC menteng tapi setelah 3 bulan post operasi mata saya masih sama masih ptosis.. justru sy bingung krn mata kiri kelihatan tambah aneh dan saat saya melihat kebawah mata kiri sy tampak menonjol..
    dokter kemudian menyarankan saya utk kembali operasi lagi tetapi pada mata kanan saya, operasinya bernama levator recession (berbeda dengan levator resection yaitu dimana dengan cara memendekan otot levator, levator recession ini justru kebalikannya dimana otot mata kanan saya akan dikendurkan agar mengecil supaya dapat menyamai kecilnya mata kiri saya *kira2 begitu deskripsi dari dokternya yg sy tangkap*)
    Tapi sy belum melakukan operasi lagi karna sy takut.. sy harus bagaimana saya bingung.. putus asa.. Adakah yg memiliki pengalaman seperti saya.. mohon sharing nya teman2 .. terimakasih.. ����

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh ya sebelumnya dokter memang menjelaskan ke saya bila efek sampingnya jika setelah oeprasi nanti mata kiri saya akan tidak bisa menutup sempurna. Adakah teman2 yg sudah menjalani operasi juga demikian? Saat melihat kebawah mata menjadi menonjol?

      Hapus
    2. Banyak yg berhasil operasi di RS dr YAP ataupun di JEC, tapi mungkin blm utk sy krn itu dokter menyarankan sy utk operasi kembali.. semoga setelah operasi kembali nanti bisa berhasil seperti teman2 lain yg berhasil operasinya..

      Hapus
    3. Haloo mbak Alea... Bisa saya minta kontak WA nya ? Saya mau bertanya tentang pengalaman operasi ptosisnya di jec menteng. Saya tunggu ya mbak. Terimakasih.

      Hapus
    4. Halo bisa via email gladiesalia22@gmail.com

      Hapus
    5. mba alea mnta kontak wa nya tapi jangan via email aku gak bsa aku kau menanyakan tentang ptosis

      Hapus
    6. Mba alea waktu op di jec dengan dokter siapa y

      Hapus
  44. Halo, kebetulan membaca ternyata banyak juga yang mengalami masalah ptosis.
    kl boleh sedikit saya share, ptosis dapat terjadi karena masalah kongential (bawaan lahir) karena gangguan dari perlemakan/fibrotik dari levator aponeurosis.
    sedangkan kalau ptosis acquired (yang timbul pada saat usia bertambah tua) terjadi karena levator aponeurosis (yag berfungsi mengangkat kelopak mata mengalami dehiscence (terlepas dari tarsus--tulang rawan kelopak mata) sehingga pada saat mengangkat mata akan cenderung lebih rendah.
    gejala yang timbul tentunya tinggi kelolak mata ptosis akan lebih rendah..sementara otot dahi akan kompensasi untuk mengangkat kelopak mata, sehingga alis mata sisi ptosis cenderung lebih tinggi dibanding kelopak mata normal.
    ptosis sampai saat ini memang dapat dibetulkan dengan prosedur operasi.namun untuk jenis operasi yang tepat, biasanya dokter bedah plastik akan mengukur dulu derajat keparahan dari ptosis itu sendiri (dengan buka tutup mata, dan mengerutkan dahi)
    jenis operasi yang dilakukan dapat dengan tehnik levator resection (sayatan di kelopak mata depan) -- ini untuk kasus dengan ptosis derajat ringan sedang
    namun untuk kasus ptosis berat..biasanya digunakan tehnik frontal sling (seperti memasang suspensin pada kelopak mata ke otot dahi)...
    oya penggunaan lensa mata dan iritasi kronis pada kelopak mata juga dapat memicu terjadinya ptosis..jadi hati hati ya...

    BalasHapus
  45. kak, maaf mau tanya kalau masih ringan ptosis-nya masih bisa pake obat atau terapi gitu ga ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mau info jg donk, kali aja ad terapi ato apa gt selain operasi...

      Hapus
  46. Saya habis operasi kelopak mata juga sdah selang 3 minggu,dan sya menjdi risau karena karena mataa sya besar sbelah yang kiri sdah normal yang knan kelopak matanya sangat menonjol mcam terlihat kebnyakan cairan lemak,saya risau takut sbelah knan gk trun trun bengkaknya,trus mcam ada celah dan terasa ganjal.bila ingin membuka mata,dan timbul juga parut dan keloid bekas jahitan,yang saya tanyakan yang sdah operasi klopak mata apa bengkak itu bisa trun lgi atau kelopak mta sbelah knan sudah bgitu ukurannya,tkut dan risau terus takut gk turun trun sbelah kanan,

    BalasHapus
  47. Mungkin ini jawaban dri segala pertanyaanku.. Terimakasih minn atas sharing ceritanya.. Kasusnya mirip denganku.. Mungkin aku harus konsultasi sama mamah dlu...

    BalasHapus
  48. Untuk lokasi operasinya itu di mana ya kak?

    BalasHapus
  49. Enjoy nikmati hidup yg kita mengerti

    BalasHapus
  50. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  51. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  52. mata kiri aku ptosis tapi asli aku tuh paling takut sama alat alat medis . takut banget .. dan pas baca ini kalau hanya di bius lokal + sakit banget ngebuat badan aku langsung lemes . dan jadi ga berani sama sekali untuk operasi. niatku operas di korea ,tpi kalau prosedur operasinya kaya gitu aku ga jadi operasi kayaknya :( udah nangis duluan

    BalasHapus
  53. mata kiri aku ptosis tapi asli aku tuh paling takut sama alat alat medis . takut banget .. dan pas baca ini kalau hanya di bius lokal + sakit banget ngebuat badan aku langsung lemes . dan jadi ga berani sama sekali untuk operasi. niatku operas di korea ,tpi kalau prosedur operasinya kaya gitu aku ga jadi operasi kayaknya :( udah nangis duluan

    BalasHapus
  54. mata kiri aku ptosis tapi asli aku tuh paling takut sama alat alat medis . takut banget .. dan pas baca ini kalau hanya di bius lokal + sakit banget ngebuat badan aku langsung lemes . dan jadi ga berani sama sekali untuk operasi. niatku operas di korea ,tpi kalau prosedur operasinya kaya gitu aku ga jadi operasi kayaknya :( udah nangis duluan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat mba, aku senin lalu juga baru aj operasi ptosis, mata kanan

      Hapus
    2. Gimn hasil op ny kak?berhasil kah?

      Hapus
  55. Better lah dari sebelum operasi, tapi pas liat bawah agak aneh karna memang kan ada otot yg dipotong

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berapa biayanya yah mbak Indah, di Klinik mata mana? Saya mau utk anak sy..trims.

      Hapus
    2. Apakah ada fto sesduah ka, dan berapa biayanya n di rs mana atau klinik

      Hapus
    3. Wa aku aja kalau mau tanya 082213446226

      Hapus
  56. Halo.. Wah emang untuk diagnosa awal terkait penyakit yg mengiringi ptosis itu penting banget ya. Cuma aku sih saran aja kalo masalah hasil operasi, kayaknya malah bagusan ke dokter bedah plastik deh. Aku nyasar ke blog kamu karna mau bandingin aja hasil jahitnya. Mungkin diagnosa awal untuk menentukan boleh tidaknya op memang bagusnya ke dokter mata. Tapi hasil akhir aku lebih suka hasil dr bedah plastik (cari dokter yg pengalaman di atas 10 tahun ya).

    Oiya buat yg takut sama biusnya. Bisa bius tidur kok. Paling agak lebih mahal aja. Good luck

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dokter bedah plastik dmna ya

      Hapus
    2. Coba bianzclinic di jakarta sama dokter intan sp.bp harga lumayan bersahabat. Udah sering dibahas di forum2 kecantikan & bedah plastik hasil jahitnya rapih. Hasil akhir bikin lipatan mata harusnya gak lipet2 kayak punya kamu sis. Maaf, tp punya sis op. jatuhnya gagal dan masih butuh revisi.

      Atau ke RS emc sentul dengan prof. Dr. dr David Perdanakusuma Sp.Bp. karena RS jadi agak mahal

      Hapus
  57. Anak sy ptosis derajat sedang dr sejak lahir. Sekarang usianya 7 bulan. Kalau lihat info di luar negeri, ada jg bayi yg sudah operasi ptosis.

    Apakah di Indonesia jg bisa?
    Kira2 operasi ptosis yg aman utk bayi di RS/klinik mana ya?

    BalasHapus